Driehausforohio

Laman Informasi Dunia Music

Beranda » 6 Alat Musik Tradisional Papua 

6 Alat Musik Tradisional Papua 

Indonesia kaya akan nilai budaya termasuk alat musik tradisional yang tersebar di seluruh nusantara. Bahkan tidak jarang alat musik tradisional Indonesia tersebar ke seluruh dunia. Salah satu daerah yang menarik untuk dibahas adalah alat musik tradisional Papua Honai, sebagai rumah adat ternyata memiliki budaya yang belum banyak diketahui orang, yaitu alat musik tradisional yang terdiri dari jenis. Budaya ini jarang diungkapkan dan tidak banyak diketahui.Ada mitos yang diyakini oleh orang Papua tentang alat musik tradisional ini. Pada umumnya masyarakat Papua masih menggunakan alat musik sebagai pengiring  suatu peristiwa atau peristiwa khusus dalam kehidupan mereka selain sebagai sarana hiburan. Penasaran dengan keunikan, jenis, ciri, gaya bermain dan mitos yang terdapat pada alat musik orang Papua? Lihat ulasan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Pikon

Pikon adalah alat musik yang berasal dari kata pikonane yang berarti suara dalam bahasa Bali. Pikon umumnya hanya dikenakan atau disentuh oleh  laki-laki, khususnya dalam suku Dani. Pikon memiliki sedikit suara yang  mengganggu jika Anda tidak terbiasa. itu (nyaring) Pikon digunakan di waktu senggang atau hanya untuk mengisi waktu atau sebagai sarana hiburan bagi para pria setelah  berburu atau bekerja seharian dan diproduksi bersama di rumah adat Honai.

Triton

Kadal air dimainkan dengan cara ditiup langsung dengan mulut dan banyak ditemukan di daerah pesisir Papua. Pada zaman kuno, kadal berfungsi sebagai alat  komunikasi dan sebagai panggilan untuk bantuan. Namun saat ini kadal air hanya digunakan  untuk hiburan.

Yi

Yi adalah alat musik yang berbentuk seperti seruling yang terbuat dari kayu dan bambu dan berwarna coklat tua. Yi digunakan sebagai pengiring tarian tradisional dan suara yang dihasilkan  cukup unik. Bahkan jika Anda mencari di perpustakaan digital, informasi dan asal-usul Yi sangat sulit ditemukan.

Kecapi Mulut

Berbeda dengan kebanyakan alat musik lainnya, sebut saja alat musik  tiup khas Jawa Barat, seperti suling dan lain-lain. Alat musik  Papua  ini sangat unik, terbuat dari Bambu Wulu. Ukurannya tidak terlalu besar dan terlihat sangat sederhana. Mulut Memiliki Teknik Memainkannya Beberapa teknik yang dapat digunakan untuk memainkan harmonika antara lain sebagai berikut;Pegang instrumen ini di antara bibir Anda. Kemudian tiup sambil menarik senar. Mainkan sesuai ritme. Menurut beberapa informasi, kecapi mulut berasal dari Lembah Baliem, Papua yang dihuni oleh suku Dani. , Anda bisa mengunjungi Museum Lokakarya Budaya di Universitas Cendrawasih.

Fuu

Fuu adalah alat musik tiup yang terbuat dari  bambu dan kayu. Instrumen ini digunakan sebagai instrumen suara untuk memanggil warga dan juga digunakan sebagai pengiring tarian tradisional Asmat. Lubang di ujung alat ini. Fuu sering dimainkan dengan orang Papua lainnya. Alat musik  seperti tifa atau kelambut.

Tifa

Tifa adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul, alat musik  ini agak mirip dengan gendang dan alat musik yang digunakan di Marawis. Tifa terbuat dari sepotong kayu besar yang diambil (kosong) dan kemudian ditempatkan di kulit rusa di atas meja. dia. halaman. Kulit rusa yang digunakan adalah kulit rusa yang  telah dikeringkan sebelumnya. Kulit rusa sendiri memiliki peranan yang sangat penting yaitu sebagai penghasil suara. Kulit rusa sendiri  bukan satu-satunya pilihan yang digunakan oleh orang Papua untuk membuat cattail, bahkan banyak kulit binatang lain  seperti kulit babi atau kulit kambing yang digunakan.

Nah itulah alat music papua yang wajib kalian ketahui, karena ini adalah salah satu kekayaan dari  Indonesia.

admin

Kembali ke atas