Driehausforohio

Laman Informasi Dunia Music

Beranda » 4 Alat Musik Ritsmis Dan Fungsinya

4 Alat Musik Ritsmis Dan Fungsinya

Meskipun ada perbedaan jenis alat musik tradisional dan juga alat musik modern, alat musik ritmik adalah jenis alat musik yang mudah diingat karena mewakili elemen penting dalam sebuah lagu. hanya digunakan sebagai pengiring irama yang dimainkan dan menentukan tempo lagu. Setiap alat musik ritmis memiliki bentuk dan cara bermain yang berbeda-beda. Ada alat musik berirama yang dapat menghasilkan suara saat dipukul, diguncang, atau digeser. Tahukah Anda berbagai jenis musik berirama dan cara memainkannya?Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Kendang

Kendang merupakan salah satu alat musik ritmis tradisional Indonesia yang sangat populer. yang biasa disebut tebokan menghasilkan bagian  dari kulit kerbau. – ketukan tajam dan kulit kambing untuk bagian bernada tinggi. Kendang adalah salah satu alat musik yang dimainkan pada alat musik gamelan jawa Fungsinya sebagai  pengiring tari, terutama untuk mengatur tempo. Alat musik ini  juga dapat ditemukan dalam pertunjukan seperti jaipongan, pertunjukan wayang, pencak silat, dll. Ukuran besar. Dan ada juga kendang kulanter kecil yang  biasanya mengiringi kendang indung.

Tifa

Tifa bentuknya mirip dengan Kendang, bedanya alat musik ini asli Papua dan berbagai pulau di Indonesia Timur seperti Maluku, bentuknya silinder dengan bagian tengah berongga dan ujungnya juga ditumbuhi kulit binatang. Kendang biasanya terbuat dari kulit kerbau atau kambing, tifa. Selain itu, kayu yang digunakan untuk Tifa juga didapat dari kayu khusus yang hanya ada di hutan sekitar masyarakat adat yang tinggal di sana.Tifa sering dimainkan sebagai instrumen pengiring dalam tarian perang. Hal ini karena cattails dapat menghasilkan suara yang sangat keras. Selain itu, tifa juga digunakan untuk mengiringi  tarian lainnya, seperti tarian selamat datang atau festival tradisional. Tentu saja ada perbedaan antara cattail Papua dan Maluku. Selain ukiran di badan, Tifa Papua dilengkapi dengan tali  di bagian samping badan, sedangkan Tifa di Maluku tidak dilengkapi dengan bagian ini.

Gandrang

Gandrang adalah sejenis alat musik perkusi yang bentuknya mirip dengan gendang dan tifa, tetapi biasanya lebih besar. Bentuknya tabung silinder dan  bagian timbul biasanya terbuat dari kulit kambing. Alat musik ini sering dimainkan secara beriringan dengan alat musik lainnya, khususnya pui’-pui’ yang merupakan alat musik tiup. Gandrang, juga biasa disebut Kendang Makassar, biasa digunakan dalam acara-acara adat tertentu.Salah satunya sebagai pengiring dalam ritual pencucian  peninggalan kerajaan Galesong di Takalar.

Marakas

Marakas merupakan alat musik berirama, bentuknya berbeda dengan ketiga jenis alat musik sebelumnya, marakas biasanya berbentuk bulat, bagian dalamnya  kosong dan penuh biji, suara yang dihasilkan  berasal dari gesekan antar biji. dan bagian-bagian marakas- Bulat. Sementara potongan bundar sebagian besar terbuat dari labu kering, kayu, kelapa, atau kulit kering yang dijahit menjadi satu agar lebih mudah dimainkan, marakas juga memiliki  gagang  kayu yang digunakan untuk menggenggam.Nyatanya, marakas masih bisa ditemui di banyak komunitas hingga saat ini. Banyak juga yang menyebutnya ecek-ecek yang biasa dimainkan oleh pengamen jalanan. Dalam budaya  Indonesia, marakas dimainkan dalam berbagai pertunjukan Betawi seperti pertunjukan Wayang Dermuluk atau musikal. Pertunjukan Orkestra Samrah Dalam masyarakat tradisional di luar negeri, khususnya di kawasan Afrika dan beberapa negara  Amerika Latin, maracas digunakan dalam ritual tradisional tertentu.

Nah itulah Beberapa contoh alat music ritmis, aakah kalian sudah ada yang tau?

admin

Kembali ke atas