Driehausforohio

Laman Informasi Dunia Music

Beranda » 3 Ragam Alat Musik Jawa Barat

3 Ragam Alat Musik Jawa Barat

Tentu jika mendengar nama provinsi Jawa Barat, Anda mungkin teringat dengan ibu kotanya yang cukup terkenal yaitu Bandung. Kota ini memiliki sejarah  panjang dalam perkembangan bangsa Indonesia. Tak heran jika ada beberapa julukan yang dikaitkan dengan kota ini seperti Bandung Lautan Api, Paris Van Java, Kota Kembang dan berbagai julukan lainnya. Ada berbagai jenis permainan daerah, lagu, tarian, alat musik tradisional, makanan khas daerah, dll.Berbicara tentang alat musik tradisional  di provinsi Jawa Barat pasti berbangga karena beberapa alat musik tradisional  sunda ini sudah terkenal di seluruh dunia atau manca negara bahkan ada  yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Bisa dikatakan  alat musik tradisional asal Jawa Barat ini sangat beragam. Untuk itu, pada pembahasan kali ini akan dibahas berdasarkan klasifikasi yang ada. Berdasarkan klasifikasinya, cara memainkan dibedakan  dari bahan alat musik. Mari kita simak pembahasan  di bawah ini secara bergantian. 

Alat Musik Karinding

Karinding adalah salah satu alat musik kuno yang berasal dari daerah Cineam, Tasikmalaya, Jawa Barat. Alat musik ini tidak hanya terdapat di daerah asal saja, karena saat ini alat musik ini juga sudah menyebar ke berbagai daerah lainnya. berbeda. Disebut karindingan karena bentuknya yang menyerupai spesies serangga atau  biasa disebut dengan kakarindingan. Oleh karena itu, ketika ada Kakarindingan, orang mengira ada Karindingan.Ini seperti, jika ada mobil mainan, ada mobil. Pada zaman dahulu, karinding ini digunakan oleh para petani untuk mengusir hama  di sawah. Selain itu, karinding juga menjadi salah satu alat musik yang umum. dilakukan oleh laki-laki yang telah mencapai pubertas. ketika dia pergi ke  rumah seorang gadis yang dia sukai (gadis-gadis itu masih terikat rumah saat itu). Jadi di setiap rumah Anda sering menemukan alat musik karinding yang tersembunyi di antara ruangan-ruangan rumah. Karinding sendiri adalah alat musik perkusi.Cara memainkan alat musik ini dengan cara memasukkannya ke dalam mulut kemudian ditepuk atau digoyang-goyangkan ujungnya dengan jari, dari situ menghasilkan suara “pow…” melalui rongga mulut  pemain yang berperan sebagai papan suara. Pada dasarnya alat musik karinding ini adalah alat musik, musik yang tidak memiliki nada atau disebut juga dengan alat musik ritmis. Namun, suara yang dihasilkan oleh Karinding ini juga tergantung dari pemainnya. Beberapa dari pemain Karinding sudah menguasai permainan karinding pada  alat musik melodis.

Alat Musik Angklung

Angklung adalah alat musik multinasional atau dua nada yang dikembangkan secara tradisional di wilayah Sunda. Lebih tepatnya terletak di  bagian barat pulau Jawa. Alat musik ini terbuat dari  bambu yang dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan. Bunyi yang dihasilkan oleh angklung ini berasal dari benturan badan peluit bambu yang menghasilkan bunyi getar berupa  nada 2 (dua), 3 (tiga), sampai dengan 4 (empat) nada dengan ukuran berapa pun, baik kecil maupun besar. Berdasarkan Dictionary of the Sunda Language karya  Jonathan Rigg yang diterbitkan di Batavia pada tahun 1862, ternyata angklung merupakan alat musik yang terbuat dari batang bambu yang ujungnya dipotong  menyerupai pipa organ.Setelah itu, tabung-tabung itu disambung menjadi satu bingkai. Alat musik angklung telah terdaftar sebagai Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia UNESCO sejak November 2010.

Alat Musik Calung

Calung merupakan salah satu alat musik yang berasal dari negara Sunda dan merupakan prototipe dari angklung.Namun berbeda dengan alat musik angklung yang dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan, alat musik calung ini dimainkan dengan cara mengetuk batang daun bambu atau -rohrs menyarankan Itu diatur berdasarkan laras Titi. atau tangga nada dan juga pentatonik Jenis bambu yang digunakan dalam pembuatan alat musik ini adalah Awi Wulung atau bambu hitam.

Itulah beberapa penjelasan tentang macam-macam alat musik yang berasal dari Jawa Barat. Tentunya sebagai generasi penerus bangsa,  kita harus melestarikan kesenian tradisional Indonesia, terutama yang  kita lahirkan. Mengapa seni atau budaya perlu dilestarikan? negara Indonesia?

admin

Kembali ke atas